Hubungi   (0717) 422145, 422965   jurusanteknikelektro.ft.ubb@gmail.com

Profil Jurusan Teknik Elektro FT UBB


 

 

Jurusan Teknik Elektro Universitas Bangka Belitung berdiri pada tahun 2006, tepatnya tanggal 12 April 2006 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 52/ D/O/ 2006. Sejarah Jurusan Teknik Elektro UBB berawal dari penyatuan beberapa sekolah tinggi/politeknik yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung seperti STIPER Bangka, STT Pahlawan 12, dan Politeknik Manufatur Timah yang menjadi Universitas Bangka Belitung, dari penyatuan tersebut terbentuk beberapa program studi salah satunya Jurusan Teknik Elektro UBB dan sampai saat ini tergabung dalam naungan Fakultas Teknik. Seiring dengan penegerian Universitas Bangka Belitung pada tahun 2010, Jurusan Teknik Elektro UBB semakin berusaha untuk meningkatkan potensi diri. Peningkatan status program studi menjadi tantangan tersendiri untuk membuktikan komitmen institusi dalam mencerdaskan anak bangsa melalui bidang teknik elektro.

Saat ini JTE FT UBB mempunyai 2 konsentrasi bidang keilmuan utama yaitu TTL (Teknik Ketenagalistrikan) dan EKT (Elektronika, Kendali dan Telekomunikasi) dengan Jumlah Dosen 10 orang.

Program studi sarjana di JTE FT UBB ditempuh dalam waktu delapan semester selama empat tahun. Untuk memperoleh gelar sarjana, mahasiswa JTE FT UBB perlu menyelesaikan 144 Satuan Kredit Semester (SKS) selama kuliah dan mengikuti ujian TOEFL dengan nilai minimum 400. Pada semester empat, mahasiswa diwajibkan memilih salah satu konsentrasi bidang keilmuan di JTE FT UBB, yaitu TTL atau EKT.

Gelar dalam bidang teknik elektro dapat memberikan anda kualifikasi dalam bidang karir di hampir segala lini industri. Hampir semua orang menggunakan listrik dan sistem peralatan elektronik, sehingga industri memerlukan ahli profesional untuk membangun, memperbaiki, dan meningkatkan kinerja alat-alat tersebut. Ahli teknik elektro bekerja di berbagai sektor industri penting, seperti: Telekomunikasi, Energi dan Tenaga Listrik, Komputer, Semikonduktor, Aerospace (ruang angkasa), Bio Engineering, Manufaktur, Pelayanan, Pendidikan dan Riset, Transportasi, dan Otomotif.